PROXY – Penjelasan dan Fungsi

Anda mungkin tidak mengetahui bahwa setiap mengakses website, secara otomatis internet akan memberikan sebuah ‘alamat’ ke perangkat yang anda gunakan. Alamat ini kita kenal dengan sebutan Internet Protocol (IP Address).

IP digunakan untuk mengidentifikasi ke mana server harus mengirimkan konten website. Jadi, perangkat lain/server tahu arah sebuah informasi (email, data website, foto, dan lain sebagainya) dikirimkan kembali ke perangkat/komputer yang anda gunakan.

 

PENGERTIAN TENTANG PROXY

Proxy Server adalah server yang diletakkan antara suatu aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client dapat berupa browser web dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP dan sebagainya.

Proxy Server yang diletakkan di antara aplikasi client dan aplikasi server tersebut, dapat digunakan untuk mengendalikan maupun memonitor lalu-lintas paket data yang melewatinya sehingga pengguna tidak langsung berhubungan dengan jaringan luar atau internet, tetapi harus melewati suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal dan jaringan luar.

arena posisi proxy sebagai perangkat yang terhubung dengan pengguna lokal dan jaringan luar, maka dia juga dapat menjadi agent yang akan mengubah IP private ke IP public seperti fungsi NAT (Network Address Translator) yang biasa dijalankan oleh router atau firewall.

 

FUNGSI PROXY

  • Connection sharing
    Berfungsi sebagai sebuah gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar untuk kemudian bertindak sebagai sebuah titik (single point-of-contact) dalam sejumlah koneksi dimana pengguna lokal dan jaringan luar akan terhubung kepadanya. Sehingga koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway tersebut secara bersama-sama (connection sharing).
  • Filtering
    Berfungsi sebagai sebuah Firewall atau packet filtering (penyaring paket data) yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan dari jaringan luar. Hal ini dilakukan dengan cara mengkonfigurasi proxy untuk menolak situs web tertentu pada waktu-waktu tertentu.
  • Caching
    Saat user melakukan request atau pencarian tertentu di internet, maka Proxy Server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah di-request dari server-server yang ada di internet, sehingga apabila user melakukan request atau mengunjungi halaman web yang sama lagi di kemudian hari, hasil pencarian akan tampil jauh lebih cepat.

 

MANFAAT PROXY

  • Meningkatkan keamanan pengguna. Server proxy mempunyai fungsi untuk menghalangi website mencatat alamat IP asli anda karena yang terdeteksi oleh website adalah alamat IP dari server proxy. Singkat kata, menggunakan proxy server sama dengan melakukan koneksi online secara anonim.
  • Pemantauan traffic. Proxy dapat digunakan untuk memonitor apa saja yang diakses oleh pengguna internet dari jaringan local yang terhubung dengan nya.
  • Mengakses jaringan atau website yang diblokir. Terkadang beberapa konten disembunyikan oleh pemilik atau dibatasi menurut lokasi geografis baik karena regulasi jaringan ataupun hak cipta, namun server proxy akan menyembunyikan alamat IP anda dan kemudian menggantinya ke alamat server proxy sehingga anda akan dapat mengakses seluruh konten yang ingin diakses.

 

CARA KERJA PROXY

Server proxy akan bertugas untuk meneruskan koneksi anda ke alamat website yang ingin dibuka.

Secara normal, ketika Anda mengetikkan alamat website (contoh: google.com) membuat sebuah permintaan kepada Anda untuk mengkoneksikannya dengan alamat tujuan,a kan tetapi, berbeda kondisinya ketika menggunakan server proxy.

Koneksi yang Anda gunakan akan terhubung terlebih dahulu ke server proxy. Baru kemudian server proxy meneruskan permintaan Anda ke alamat tujuan. Cara ini membuat alamat IP asli yang Anda gunakan tidak dapat terdeteksi oleh website dan yang Anda gunakan adalah alamat IP server proxy.

 

JENIS – JENIS PROXY 

  1. Anonymous Proxy (Proxy Anonim)

Anonymous Proxy adalah jenis proxy yang akan menyamarkan informasi mengenai komputer pengguna. Ketika pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website itu tidak akan mengetahui alamat IP pribadi si pengguna, tapi hanya mengetahui IP proxy nya saja.

  1. High Anonymity Proxy

High Anonymity Proxy adalah jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menyediakan alamat IP original. Biasanya proxy ini menggunakan header REMOTE_ADDR dengan alamat IP menuju proxy server, sehingga pengguna melihat bahwa proxy server ini berperan sebagai klien.

  1. Transparent Proxy (Proxy Transparan)

Proxy transparan merupakan proxy yang sama sekali tidak merahasiakan alamat IP penggunanya, sehingga alamat IP pengguna akan terlihat jelas oleh publik di dunia maya. Karena hal ini, maka proxy transparan menjadi salah satu jenis proxy yang sebaiknya tidak perlu digunakan. Bahkan penggunaan proxy transparan juga disebut-sebut bisa membuat alamat IP pengguna diblokir (banned) secara permanen dan ini juga membuat pengguna tidak bisa mengakses situs-situs tertentu.

  1. Reverse Proxy

Reverse Proxy adalah jenis proxy yang digunakan untuk mencegah klien terhubung dengan data sensitif. Sehingga saat caching pada proxy jenis ini diaktifkan maka trafik jaringan akan menurun.

 

KESIMPULAN

Proxy merupakan layanan keamanan internet yang penting bagi perusahaan anda. Anda dapat memantau pekerjaan karyawan anda hanya dengan menggunakan proxy ini. Anda juga dapat memblokir situs website yang berpotensi akan mengganggu kinerja karyawan anda.

Terdapat banyak manfaat dari proxy yaitu mengontrol penggunaan internet, penyimpanan dan kecepatan, privacy yang terjaga dari manfaat inilah yang merupakan inti dari penggunaan proxy.

 

DEWI ISKANDAR (Account Manager – PT. Teknokrat Mitra Data)